Sejarah Hino Dutro (http://www.hinodutro.blogspot.com, )diluncurkan pertama kali pada tahun 1999 bersama-sama dengan saudara kembarnya dari Toyota, yaitu Toyota Dyna and Toyoace. Hino didirikan tahun 1910 oleh Tokyo Gas Industri Company (TGIC), Dimulai pembuatannya oleh oleh divisi tak bernama waktu itu untuk memenuhi ledakan ekonomi seiring industrialisasi. Setelah berhasil membuat prototype berapa unit, TGIC langsung memulai produksi massal tahun 1918 dengan truck yang di beri label seri TGE "A-Type". Type ini langsung populer dan menjadi maskot selama beberapa tahun.
Di era 1930 banyak industri mobil sejenis mulai berkonsolidasi seiring dengan pesatnya laju industrialisasi. 1937 Tokyo Gas Industry Company bergabung dengan dua industri otomotif lainnya yaitu Automobile Industry Company, Ltd. dan Kyodo Kokusan K.K.(Kabushki Kaisha). Namanya berubah menjadi Tokyo Automobile Industry Company
Seiring dengan penjajahan Jepang atas China 1941 dan embargo Amerika, Tokyo automobile berubah menjadi suplier mesin perang dan namanya menjadi Diesel Motor Industry Company, Ltd. 1942 Perang Jepang dan Amerika pecah, Diesel Motor pecah menjadi dua, pecahan yg besar menyandang nama lama yg kemudian menjadi ISUZU MOTOR sedangkan pecahan yg kecil menjadi Hino Heavy Industry Company, Ltd.
Produksi bis pertama th. 1952, "Blue Ribbon" bis dengan kode BD10/30 yang menganut design eropa dengan posisi mesin mesin tertanam dibawah lantai. Seiring dengan pesatnya perkembangan namanya berubah menjadi HINO MOTORS Ltd tahun 1959 serta mulai bekerja sama dengan Toyota dengan membuat sedan CONTESSA dan dengan RENAULT membuat Renault 4CV. 1964 Mulai bikin truck yg legendaris sampai sekarang RANGER. Selanjutnya HINO menjadi anak perusahaan TOYOTA sejak tahun 2001.
Tipe-tipe dutro bisa di lihat di http://www.hinodutro.blogspot.com, pada bulan Oktober 2002, Hino Dutro secara resmi diperkenalkan di Indonesia. Dutro untuk pasar Indonesia hanya tersedia dalam satu warna, hijau muda terang, yang merupakan ciri khas truk Hino di Indonesia. Seperti Dyna baru yang diluncurkan beberapa hari sebelumnya, Dutro versi Indonesia memiliki lampu depan sealed beam dan grille yang berbeda dengan model di negara lain. Interior-nyapun jauh lebih sederhana.
Pada mulanya Dutro ditawarkan dalam 4 model yaitu 125ST 4 ban, serta 3 model 6 ban 125LT, 140GT, dan 140HT. Model heavy duty yang ekonomis 125HT hadir pada awal tahun 2004. Pada akhir tahun 2006, diluncurkan Dutro facelift untuk tahun 2007. Dutro ini memiliki grille baru dan mesin dengan turbo dan intercooler yang lulus emisi Euro-2. Dutro Euro-2 tersedia dalam model 110SD, 110LD, 130MD, dan 130HD. Selain itu juga ditawarkan optional X-Treme Spec untuk model 130MD dan 130HD, 130 HD Mixer.
Tahun 2008 dutro kembali hadir dengan tambahan varian baru dutro 110 SD Long Wheelbase, truk 4 ban dengan panjang bodi karoseri 4 meter, dutro 110 SD Bus Long Wheelbase (kapasitas penumpang hingga 20 orang), dutro 130 MD Long Wheelbase dengan panjang bodi karoseri 5 meter, dan chassis Hino Mixer kapasitas 3 meter kubik (mixer kecil). Di tahun 2009 dutro kembali hadir dengan aneka ragam varian (selengkapnya ada di http://www.hinodutro.blogspot.com), termasuk ada beberapa perubahan kecil (minnor change) pada desain eksteriornya yang telah beredar di pasar bulan desember 2009. Di Tahun 2012 Dutro kembali mengeluarkan 1 produk brilliant 130 HD 4x4.
Pesan HINO DUTRO sekarang juga Call : 0812 861 355 69 Fahren Hertanto
0 komentar:
Posting Komentar