Jumat, 11 Januari 2013

Dumptruck Hino Indonesia

Pesan langsung hanya pada sales consultant resmi dumptruck Hino : 0812 861 355 69 Fahren Hertanto dalam setiap pengadaan unit baru Hino. Baik itu pembelian chasis dumptruck Hino maupun berikut karoseri dumptruck Hino di seluruh wilayah Indonesia. 

Dumptruck Hino
Dumptruck Hino adalah sebuah truck yang mempunyai bak besi material yang dapat dimiringkan sehingga untuk menurunkan materialanya cukup hanya dengan memiringkan materialnya, sehingga muatan dapat meluncur ke bawah. Untuk memiringkan bak digunakan oleh pompa Hydrolic.

Sebagai alat pengangkut, dump truck banyak kegunaannya antara lain untuk mengangkut bahan tambang ( Coal Mining ) seperti : batu bara, Nikel, Timah, Boucsic, Biji besi ataupun keperluan lainnya seperti : pasir, batu kerikil, tanah, batu kali, sampah dan yang lainnya dengan kapasitas pengangkutan disesuaikan dengan ukuran bak, truck maupun hydrolic itu sendiri. Dalam hal ini tidak memerlukan kehati hatian dalam pengangkatan maupun penurunan. Sehingga jika terjadi benturan atau gesekan material tidak menjadi masalah.

Pool Karoseri Dumptruck Hino


Bagian-Bagian Utama Dump Truck
Bagian-bagian utama dari Dump Truck terdiri atas :


  
1.   Chasis Dump Truck
Chasis adalah salah satu penting dalam mobil, karena pada rangka ini dipasang hampir seluruh bagian mesin yang penting. Bagian-bagian yang penting itu antara lain Frame, suspense, mesin radiator dan lain-lain.





2.   Kabin Dump Truck
Kabin adalah tempat/ruangan untuk mengemudi, dimana didalam kabin terdapat setir, handle rem, handle gas, handle kopling serta handle gigi dan lain-lain.






3.   Bodi Dumptruck
Bodi adalah bagian badan truck untuk bak muatan beserta isi material muatan yang diangkut. Seperti tanah, batu, kerikil, pasir atau barang tambang lainnya.




 



4.   Power Train
Power train adalah suatu sistem yang menghasilkan tenaga/daya mesin. Sistem tersebut terdiri dari engine, clutch, transmisi, poros propeller, differensial gear, axle dan roda.      





Klasifikasi Dumptruck

Klasifikasi Dump Truck dapat di bedakan menurut :
1. Ukuran dan jenis bahan bakar
2. Jumlah Kecepatan ( Verseneling )
3. Metode penurunan muatan ( Belakang / Samping )
4. Jumlah roda dengan gandar serta susunan roda gerak
5. Jenis muatan yang diangkut ( pasir, tanah, batu, kerikil dan sebagainya )
6. Kapasitas muatan ( Dalam Ton atau M Kubik )

Beberapa varian klasifikasi Chasis Dumptruck Hino sebagai berikut :
  • Chassis-Dumptruck Hino Dutro 110 HD dan 130 HD : 
    Dumptruck Hino Dutro 130 HD

  •  Chassis-Dumptruck Hino FG 235 JJ
 Dumptruck hino FG 235 JJ


  • Chassis Dumptruck Hino Tronton FM 260 JD
Dumptruck Hino Tronton FM 260 JD


Pemilihan Ukuran Dump Truck

Pada prinsipnya dalam pemilihan ukuran Dump Truck harus sesuai dengan alat pemuat yang akan digunakan untuk menghindari terjadinya alat-alat lain tidak bekerja. Faktor-faktor yang menentukan dalam pemilihan Dump Truck adalah :

a.   Biaya pemilikan dan pengoperasiannya
b.   Kondisi medan
c.   Waktu pengoperasian : pemuatan (loading), handling time ( waktu angkut), dumping     (pengosongan) dan retuning ( waktu kembalian)
d.   Kapasitas alal-alat pemuat ( Exavator, Loader, atau tenaga manusia)
e.   Biasanya untuk kapasitas angkut 5-15 ton (on road) dan yang mencapai 235 ton (off road)

Dengan membedakan arah muatan yang ditumpahkan, Dump Truck Hino di Indonesia pada yang digunakan pada umumnya bekerja pada system “Rear Dump truck” yaitu gerakan Dump melalui Hydolic yang bergerak membuang muatan kearah belakang.

Sedangkan Dump melalui Hydolic yang bergerak membuang muatan keaarah belakang dibedakan dalam tiga macam yaitu :

1.   Rear Dump Truck, yang membuang muatan kebelakang
2.   Side Dump Truck, membuang muatan kesamping
3.   Bottom Dump Truck, membuang muatan kebawah. 


Prinsip Kerja Dump Truck

Prinsip kerja Dump Truck dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu :

  • Gerakan Travelling Atau Gerakan Jalan

Gerakan travelling atau gerakan jalan disini yang dimaksud adalah gerakan dari Dump Truck untuk berjalan mengangkat muatan dari suatu tempat menuju ke tempat lain untuk memindahkan muatan atau menumpahkan muatan tersebut. Gerakan berjalan dari Dump Truck tersebut dimulai dari suatu sumber tenaga yang dinamakan mesin penggerak yang mana dari mesin penggerak tersebut memutar poros penggerak, dari poros ini melalui kopling dan menggerakan transmisi roda gigi yang diatur oleh handle gigi. Transmisi ini memutar roda-roda Dump truck untuk berjalan memindahkan muatan dari suatu tempat menuju tempat lain yang dikehendaki melalui poros propeller dan gigi deferensial.

  • Gerakan Dumping Atau Menumpahkan Muatan

Gerakan dumping atau menumpahkan muatan dengan memiringkan bak muatan dengan kemiringan tertentu makan muatan akan meluncur ke bawah. Untuk memiringkan muatan tersebut digunakan sistem hidrolis dimana daya yang didapatkan dari mesin penggerak diteruskan ke mekanisme roda gila untuk menggerakan pompa hidrolik. Pompa hidrolik ini akan mendorong atau mengalirkan fluida menuju ke katup pengontrol dimana dalam katup pengontrol ini aliran fluida akan diatur tekanan minyak oli yang masuk ke dalam silinder hidrolik. Tekanan minyak yang telah di atur oleh katup pengontrol akan mendorong silinder hidrolik untuk menumpahkan muatan yang ada di dalam bak material.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by allen cool | dibuat oleh allen - fahren hertanto design | www.hino-dutro.com